Jakarta, 2 February 2023 – Setelah sebelumnya menggelar kegiatan “Matrix Java Roadshow” bersama dengan rekan-rekan APJII di wilayah kerja Pulau Jawa, di awal tahun ini PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) melanjutkan kegiatan tersebut bersama dengan APJII DKI Jakarta dengan kunjungan langsung ke Matrix Data Center (MDC) JK3 di Plaza Kuningan, Jakarta Selatan.  

Sebelumnya, Matrix NAP Info telah bekerjasama dengan APJII untuk menghadirkan APJII Super MMR dan IIX Super Node di MDC JK3. Dengan konsep Super MMR ini, MDC JK3 menjadi opsi POI (Point of Interconnection) alternatif bagi sesama Anggota APJII untuk saling terhubung selain di APJII Data Center Gedung Cyber 1. Selain APJII Super MMR, kehadiran Super Node IIX di MDC JK3 juga memungkinkan untuk para Anggota APJII dapat langsung terhubung dengan Route Server Indonesia IX (IIX), sekaligus menambah redundansi layanan yang sudah ada sebelumnya. 

Tak hanya itu, kehadiran APJII Super MMR dan IIX Super Node di MDC JK3 ini juga diharapkan akan membantu mengurangi resiko Single Point of Failure (SPOF) yang dapat mencegah terjadinya gangguan internet dalam skala besar. 

Selain dengan hadirnya APJII Super MMR dan IIX Super Node di MDC JK3, Matrix NAP Info juga memberikan layanan local-loop dengan ultra-high capacity, ultra-low latency, dan state-of-the art technology yang menghubungkan Data Center di Indonesia, Matrix DC-2-DC Solutions. Hingga saat ini, jaringan Matrix NAP Info telah terhubung ke 37 Data Center se-JaBoDeTaBek dan juga di kota Batam, Bandung, Surabaya, dan akan terus bertambah. 

Ilhami Efendi Zainuddin, selaku Wholesales Sales Dept. Head Matrix NAP Info menjelaskan “Saat ini MDC JK3 telah dilengkapi dengan green-technology atau teknologi ramah lingkungan, hal ini merupakan suatu keunggulan di Data Center kami, serta merupakan komitmen kami dalam mengurangi emisi karbon. Selain itu, ini juga merupakan bentuk komitmen kami dalam memfasilitasi layanan-layanan yang dapat dinikmati oleh seluruh Anggota APJII.” ujar Ilham. 

Ilham menambahkan, “MDC JK3 juga memiliki konsep carrier neutral data center, sehingga para Anggota APJII dapat dengan mudah memilih 9 penyedia jaringan optik yang sudah bermitra dengan Matrix NAP Info. Dan segera hadir 3 penyedia jaringan optik dalam waktu dekat ini.” tutup Ilham.

Hadir langsung di tengah acara, Tedi Supardi Muslih, selaku Ketua Wilayah APJII DKI Jakarta mengatakan “Melihat perkembangan Matrix Data Center (MDC) saat ini, saya sangat surprise karena banyak teknologi baru yang mudah-mudahan ke depannya dapat memfasilitasi konektivitas kepada seluruh Anggota APJII. Tentunya APJII DKI Jakarta sangat memberikan dukungan kepada seluruh anggota untuk bertumbuh bersama.” ujar Tedi. 

Melalui kegiatan ini, Matrix NAP Info bersama APJII berharap kedepannya dapat terus bersama-sama mengembangakan ISP di Indonesia agar dapat menjawab kebutuhan masyarakat serta literasi digital yang kiat meningkat. 


PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) adalah perusahaan telekomunikasi terkemuka yang berbasis di Jakarta, Indonesia dan didirikan pada tahun 2000. Kami mengoperasikan Matrix Cable System (MCS), Matrix Cable Xchange (MCX), Matrix Internet Xchange (MIX), Matrix Data Center (MDC), Matrix Cloud dan Matrix Line & Internet. MCS merupakan sebuah system kabel bawah laut internasional swasta pertama yang menghubungkan Jakarta <> Singapura. Sementara MCX telah menjadi pintu gerbang bagi penyedia lokal untuk menjangkau Internet Xchange internasional kelas dunia secara global melalui MCIX dan Internet Xchange domestik melalui MCDX. Dengan ekosistem terintegrasi sebagai Network & Managed Service Provider, Matrix NAP Info telah berkomitmen untuk memberikan solusi bagi bisnis di masa depan.

Andari Reramadhan

Corporate & Marketing Communication

Phone : +62 21 3970 1788

Email : marcomm@napinfo.co.id