Pada era digital seperti sekarang ini, kehidupan masyarakat tidak bisa terlepas dari layanan internet. Bahkan, sudah dalam taraf ketergantungan atau kecanduan. Penyebabnya adalah karena segala aktivitas masyarakat didominasi oleh hal-hal yang berkaitan dengan internet, seperti bisnis online, belanja online atau membaca berita secara online.

Oleh sebab itu, dalam memilih layanan internet terbaik adalah langkah awal untuk mendukung kelancaran aktivitas digital masyarakat.

Secara umum, layanan internet terbagi menjadi dua, yaitu Internet Broadband dan Internet Dedicated. Yang membedakan keduanya secara garis besar adalah tarif layanan. Namun ada beberapa perbedaan lain yang mendasar dari dua layanan tersebut.

Layanan Internet Broadband

Internet broadband adalah jenis koneksi internet yang biasa digunakan di rumah, dimana kecepatan aksesnya dibagi rata sesuai jumlah pengguna atau banyaknya penggunaan. Keunggulan internet broadband adalah biaya langganan cenderung lebih murah, tetapi apabila kuantitas pengguna atau kuota penggunaan internet sedang padat, kecepatan akses yang diperoleh setiap pengguna akan berkurang.

Karena alasan tersebut maka disarankan menggunakan layanan Internet broadband untuk kebutuhan internet rumah, apartemen, usaha bisnis kecil, atau kantor kecil yang tidak begitu membutuhkan akses internet terlalu cepat namun stabil. 

Layanan Internet Dedicated

Internet dedicated adalah jaringan internet yang diperuntukkan bagi kantor bisnis, co-working space, atau gedung perusahaan karena kecepatan aksesnya didedikasikan khusus untuk setiap pengguna sehingga kecepatan yang diperoleh sesuai dengan yang ditentukan saat berlangganan. Jadi jumlah traffic yang padat atau penggunaan internet yang tinggi tidak akan mempengaruhi kecepatan internet. 

Oleh sebab itu biaya langganan internet dedicated cenderung mahal namun sesuai dengan penawaran kecepatan yang stabil. Internet dedicated sangat direkomendasikan untuk kebutuhan bisnis yang memiliki kebutuhan khusus pada kecepatan internet yang stabil .

Dari penjelasan singkat di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan dari internet broadband dan internet dedicated adalah pada stabilnya kecepatan dan biaya. Apabila Anda membutuhkan kecepatan internet yang stabil dan untuk bisnis skala besar, disarankan menggunakan internet dedicated. Tetapi apabila Anda ingin menggunakan internet untuk kebutuhan pribadi atau keluarga atau bisnis skala kecil, alangkah baiknya menggunakan layanan internet broadband.

Jenis Koneksi Internet Broadband

Koneksi internet broadband memiliki bermacam-macam jenis sebagai berikut :

1. Internet Broadband DSL (Digital Subscriber Line)

Digital subscriber line (DSL) merupakan teknologi internet yang dapat menghantarkan data digital melalui kabel yang digunakan dalam jarak yang dekat dari jaringan telepon. Kecepatan internet DSL saat mengunduh data berkisar 128 kbps hingga 24.000 kbps. Namun kecepatan unggah DSL pada versi ADSL akan lebih rendah dari unduh dan akan sama cepat pada versi SDSL. DSL memiliki jenis yang bervariasi, namun yang paling mudah untuk ditemukan adalah Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL).

2. Internet Broadband ADSL

Asymmetric digital subscriber line (disingkat ADSL) adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, jadi kecepatan data yang ditransfer bisa berbeda dari satu sisi ke sisi lainnya.

Untuk menggunakan koneksi ADSL, Anda harus menghubungkan ponsel dengan koneksi kabel tembaga. Oleh sebab itu, carilah pertukaran telepon terdekat. Misalnya seperti tower, listrik, dan sejenisnya.

Internet ADSL ini masih menggunakan kabel tembaga. Sehingga kecepatan internet akan sangat bergantung pada jarak jauh dan dekatnya dari gardu telepon.

Setidaknya, pastikan bahwa Anda dekat tidak kurang dari 5 km. Jarak tersebut tidak masalah untuk penduduk kota, namun menjadi masalah serius untuk penduduk desa.

3. Internet Broadband Wireless

Jenis ini biasa disebut dengan koneksi internet nirkabel. Wireless broadband internet (WiBB) merupakan jaringan internet yang memiliki kecepatan tinggi dalam mentransfer data melalui Wireless Local Area Network (WLAN).

Koneksi tanpa kabel ini sudah dipakai di alat komunikasi kita sehari-hari seperti HP dan Laptop. Pada dasarnya wireless merupakan perangkat jaringan yang fleksibel, dapat berupa portable atau tidak. Dari segi perawatan, kerapihan, maupun instalasi termasuk mudah. Kecepatannya dari 128 Kbps hingga 2 Mbps.

4. Koneksi Kabel Internet Broadband

Koneksi kabel Internet Broadband dibuat tersedia bersama dengan saluran TV kabel. Jadi, sumber internetnya adalah TV Kabel itu sendiri. Ini merupakan sesuatu yang sangat efisien. Kecepatan internet broadband ini dari 2 - 8 Mbps. Penggunaannya di kota-kota besar lebih populer daripada penggunaan ADSL.

5. Koneksi Internet Broadband Satelit

Koneksi internet broadband satelit merupakan koneksi internet cepat yang tidak memiliki keterbatasan jangkauan secara geografis. Jenis koneksi Internet Broadband ini berbeda dengan yang telah dijelaskan sebelumnya. Banyak orang yang belum mengetahui koneksi internet satelit.

Bedanya dengan yang lain, internet satelit menggunakan komunikasi antar terminal di bumi yang berupa VSAT serta modem dengan satelit yang mengorbit di langit.

Dapatkan Kecepatan Maksimal dari Matrix Broadband NAP Info

Dengan berlangganan di NAP Info, anda akan mendapatkan akses internet Broadband yang stabil dengan biaya terjangkau. NAP Info sendiri adalah penyedia akses jaringan netral dan independen pertama yang beroperasi di Indonesia melalui infrastruktur kabel bawah laut, Matrix Cable System (MCS), yang menghubungkan langsung Jakarta dengan Singapura.

Bagi calon pelanggan yang ingin menghubungi atau menanyakan informasi terkait detail layanan Matrix Broadband dapat menghubungi tim Sales Matrix NAP Info via email sales@napinfo.co.id atau 24 Jam Call Center di 1500787.


PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) adalah perusahaan telekomunikasi terkemuka yang berbasis di Jakarta, Indonesia dan didirikan pada tahun 2000. Kami mengoperasikan Matrix Cable System (MCS), Matrix Cable Internet eXchange (MCIX), Matrix Data Center, Matrix Cloud dan Matrix Internet. MCS merupakan akses jaringan independen pertama di Indonesia untuk sistem kabel bawah laut yang menghubungkan Jakarta-Singapura sejak tahun 2008. Sementara, MCIX telah menjadi pintu gerbang bagi penyedia jaringan domestik ke International Internet Exchange terkemuka lainnya secara global. Dengan ekosistem terintegrasi sebagai Network & Managed Service Provider, Matrix NAP Info telah berkomitmen untuk memberikan solusi bagi bisnis di masa depan.