NAP Info sebagai penyedia layanan internet untuk perusahaan maupun rumahan, sudah memiliki banyak kantor cabang di berbagai kota di Indonesia, salah satunya Jakarta , Bogor, Depok, Bekasi & Tangerang. Selain kota-kota tersebut, beberapa kota besar lainnya seperti Bandung , Surabaya, Medan dan lain-lain juga telah tersedia layanan internet NAP Info.

Salah satu jenis perusahaan yang menggunakan layanan dari NAP Info adalah Internet Service Provider atau ISP. Dari ISP ini biasanya akan disalurkan kepada kantor instansi pemerintah atau swasta, atau rumahan. Jadi, secara langsung maupun tidak langsung, NAP Info telah membantu mengakomodir pengadaan internet untuk masyarakat Indonesia salah satunya melalui ISP. Lantas, apakah yang dimaksud dengan ISP ini? 

Internet Service Provider

ISP kepanjangan dari Internet Service Provider (Penyedia Layanan Internet). ISP adalah sebuah perusahaan yang menyediakan akses atau layanan internet kepada pelanggan. Secara singkat dapat dijelaskan, Apa itu ISP? Pada saat kita terhubung ke internet, koneksi kita akan dirutekan melalui ISP. Oleh sebab itu, ISP disebut sebagai penyedia (provider).

Mengutip dari ensiklopaedia Britannica, ISP adalah perusahaan yang menyediakan koneksi dan layanan internet untuk individu dan organisasi. Setiap ISP menawarkan pelayanan yang berbeda-beda kepada pelanggannya. Tidak hanya seputar penyediaan koneksi internet tetapi juga meliputi pemeliharaan dan instalasi. 

Sedangkan menurut Techopedia, ISP biasanya adalah perusahaan kabel atau perusahaan telepon seluler yang menawarkan langganan internet, selain TV atau layanan komunikasi seluler. ISP juga dikenal sebagai Internet Access Provider atau Penyedia Akses Internet (IAP).

Mengutip TechTerms, untuk terhubung ke ISP, kita membutuhkan modem dan akun aktif. Saat menghubungkan modem ke telepon atau kabel outlet di rumah, berarti kita melakukan komunikasi dengan ISP. ISP memverifikasi akun kita dan memberikan alamat IP ke modem kita. Setelah kita mendapatkan alamat IP, kita akan terhubung ke internet. 

Kita juga bisa menggunakan router (berupa perangkat terpisah atau terintegrasi dalam modem) untuk memungkinkan beberapa perangkat sekaligus terhubung ke internet. Jika beberapa perangkat dirutekan melalui modem yang sama maka akan memiliki alamat IP publik yang sama sesuai yang ditetapkan oleh ISP. 

ISP bertindak sebagai hub di internet karena sering terhubung langsung ke tulang punggung internet. Akibat besarnya jumlah lalu lintas yang ditangani, ISP memerlukan koneksi bandwidth tinggi ke internet. Untuk mencegah gangguan akses internet, ISP harus menambahkan lebih banyak bandwidth ke koneksi tulang punggung internetnya. Caranya dengan meningkatkan jalur yang ada atau menambahkan jalur yang baru.

Mengutip Kiddle, ISP biasanya menawarkan jasa ke area perumahan atau untuk keperluan komersial. Contoh klien ISP adalah kantor, hotel, perpustakaan, rumah, dan lain-lain. Perusahaan ISP atau IAP biasanya mengenakan biaya untuk memasang koneksi internet dan biaya bulanan untuk pemeliharaan. ISP menawarkan berbagai jenis koneksi seperti dial-up, DSL, melalui kabel serat optik, melalui koneksi televisi kabel, atau nirkabel. Melansir Computer Hope, contoh ISP adalah AT&T, CenturyLink, Cox Cable, Google Fiber, Sparklight, Spectrum/Charter Communications, Verizon, Xfinity, Windstream. Mengutip Kominfo, di Indonesia, penyelenggara jasa internet tergabung dalam organisasi bernama APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet) yang berdiri pada 15 Mei 1996.

Jenis Layanan Internet 

Melansir NI Business Info, Jenis koneksi internet yang paling umum meliputi DSL, broadband kabel, broadband serat optik, nirkabel atau broadband Wi-Fi, satelit, mobile broadband, dan leased line khusus.

Dial-up

Internet dial-up menggunakan saluran telepon. Kelemahannya, tidak bisa menggunakan telepon rumah dan internet bersamaan. Dial-up adalah jenis koneksi internet paling lambat. 

DSL (Digital Subscriber Line) 

Layanan DSL menggunakan koneksi broadband, yang jauh lebih cepat daripada dial-up. DSL terhubung ke internet melalui saluran telepon tanpa harus memiliki telepon di rumah. Tidak seperti dial-up, kita bisa menggunakan internet dan saluran telepon bersamaan. 

Kabel

Layanan kabel terhubung ke internet melalui TV kabel. Layanan ini menggunakan koneksi broadband dan bisa lebih cepat daripada layanan dial-up dan DSL. Namun hanya tersedia jika memiliki TV kabel.

Serat optik

Broadband serat optik adalah jenis broadband berkecepatan tinggi yang menggunakan kabel serat optik. Keunggulannya, lebih baik dalam mentransfer data daripada kabel tembaga standar. Pengguna dapat melakukan semua hal yang disukai di internet dengan lebih cepat, seperti main game online, streaming film dan musik. 

Satelit

Sambungan satelit menggunakan broadband tetapi tidak memerlukan kabel atau saluran telepon. Dengan satelit kita dapat terhubung ke internet melalui satelit yang mengorbit Bumi. Jenis layanan ini dapat digunakan hampir di mana saja di dunia, tetapi sambungannya dipengaruhi cuaca. Koneksi satelit biasanya lebih lambat dari DSL atau kabel. 

Mobile internet

Mobile internet atau internet seluler terhubung secara nirkabel melalui jaringan ISP. Namun, jenis koneksi ini tidak selalu secepat DSL atau kabel. Kelemahannya, jumlah data yang dapat digunakan terbatas, tidak seperti kebanyakan paket broadband. Saat ini, layanan 3G dan 4G paling umum digunakan dengan ponsel pintar.

Demikian sedikit penjelasan tentang ISP dan jenis layanan internet. Apabila anda berniat menggunakan layanan internet dari sebuah ISP, kenali dulu perusahaan ISP-nya, apa saja layanan yang ditawarkan dan lain sebagainya. 


PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) adalah perusahaan telekomunikasi terkemuka yang berbasis di Jakarta, Indonesia dan didirikan pada tahun 2000. Kami mengoperasikan Matrix Cable System (MCS), Matrix Cable Internet eXchange (MCIX), Matrix Data Center, Matrix Cloud dan Matrix Internet. MCS merupakan akses jaringan independen pertama di Indonesia untuk sistem kabel bawah laut yang menghubungkan Jakarta-Singapura sejak tahun 2008. Sementara, MCIX telah menjadi pintu gerbang bagi penyedia jaringan domestik ke International Internet Exchange terkemuka lainnya secara global. Dengan ekosistem terintegrasi sebagai Network & Managed Service Provider, Matrix NAP Info telah berkomitmen untuk memberikan solusi bagi bisnis di masa depan.