Jakarta, 13 September 2023 – PT CCSI Konektivitas Digital (CCSIKD), anak perusahaan dari PT Communication Cable Systems Indonesia Tbk., (CCSI), PT Pracheta Nusa Telekom (Pracheta), anak perusahaan dari PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) dan Mitsui & Co., Ltd.-Jepang (Mitsui) dengan bangga mengumumkan penandatanganan Perjanjian Usaha Patungan dalam momentum kemitraan bersejarah yang akan mengubah lanskap sektor telekomunikasi Indonesia. Inisiatif ini memiliki tujuan mengembangkan jaringan kabel bawah laut antarpulau sepanjang 4.100km yang diberi nama Varuna Cable Systems (VARUNA), untuk menghubungkan pulau-pulau besar di Indonesia termasuk di dalamnya adalah Jawa, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Sulawesi, Kalimantan, dan Madura.

Jaringan yang penting ini terdiri dari 2.700 km kabel bawah laut dan 1.400 km kabel darat, dengan peran pentingnya dalam menyediakan konektivitas digital ke ibu kota baru Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN). Mengingat ekonomi digital yang berkembang pesat di luar Pulau Jawa, di mana infrastruktur telekomunikasi masih kurang berkembang, VARUNA muncul sebagai pilar utama untuk mendorong perwujudan visi teknologi Indonesia ke depan. 

Perusahaan patungan yang baru saja dibentuk ini yaitu, PT Varuna Cahaya Santosa (VCS), menyatukan gabungan keahlian dan semangat pelopor dari perusahaan-perusahaan induknya. CCSI, pelopor di industri kabel optik Indonesia, membanggakan diri sebagai yang pertama di negara ini yang memproduksi kabel bawah laut dengan Sertifikasi Internasional sejak 1996. Sementara itu, Matrix NAP Info, memiliki catatan prestasi luar biasa selama lebih dari 20  tahun, sebagai operator kabel bawah laut sekaligus melayani penyedia layanan internet Indonesia dengan layanan bandwidth internasionalnya. Mitsui & Co., Ltd. dari Jepang, telah menjadi investor kunci di jaringan kabel bawah laut skala besar lainnya seperti Juno Cable. 

Peter Djatmiko, CEO dari CCSI dan VCS, berkomentar, "Varuna Cable Systems adalah bukti visi kami untuk meningkatkan lanskap digital di luar Jawa. Melalui kerjasama dengan Matrix NAP Info dan Mitsui, kami siap menjadi pemimpin pasar dalam bisnis kabel bawah laut di Indonesia." 

Omar Syarif Nasution, Direktur Matrix NAP Info, menekankan sinergi ini , dengan mengatakan, "Jaringan VARUNA melengkapi dan memperluas layanan Matrix NAP Info di dalam negeri, menandai bab baru dalam perjalanan kami melampaui Jawa. Kolaborasi dalam membentuk Varuna ini kami harapkan dapat semakin mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri secara inklusif”. 

"Proyek VARUNA merupakan proyek pembangunan bangsa khususnya di kawasan timur Indonesia. Inisiatif ini tidak hanya berkontribusi terhadap kemajuan bangsa namun juga selaras dengan strategi bisnis Mitsui dalam pengembangan infrastruktur digital. Dengan memfokuskan upaya kami pada proyek VARUNA, kami turut mendorong kemajuan, memberdayakan masyarakat, dan membentuk masa depan yang lebih cerah bagi Indonesia. Mitsui akan memanfaatkan pengetahuan yang kami peroleh dari pengalaman pengembangan proyek terkait infrastruktur di seluruh dunia,” tutup Shinichi Kikuchihara, Presiden Direktur PT Mitsui Indonesia.


Tentang CCSI 

CCSI didirikan pada tahun 1995 dengan nama ‘’PT Siemens Kabel Optik” dan mulai beroperasi sejak tahun 1996, dan baru pada tahun 2001 berubah menjadi PT Communication Cable Systems Indonesia, dimana Corning International Inc. mengambil alih sahamnya Siemens di CCSI. Pada tahun 2005, saham Corning diambil alih oleh CCS International Limited. Status CCSI beralih dari Perseroan Terbatas menjadi Perseroan Terbuka melalui proses Initial Public Offering pada 2019. 

CCSI memiliki beberapa keunggulan:  

  • CCSI memiliki rekam jejak yang teruji selama 27 (dua puluh tujuh) tahun. 

CCSI memiliki bekal dan pondasi yang sangat kuat yang ditanamkan oleh Siemens dan Corning. Sehingga CCSI menjadi “Technology and Quality Leader’’ di industri kabel optik di Indonesia. 

  • Produk CCSI mengunakan bahan baku utama serat optik terbaik di dunia dari Corning.  

CCSI dikenal sebagai produsen kabel serat optik yang memiliki kualitas dan berstandar Premium, karena menggunakan bahan baku utama serat optik terbaik dari Corning. Corning sampai hari ini adalah salah satu produsen serat optik dan kabel optik terbesar di dunia. Dan hubungan Perseroan dengan Corning berjalan baik hingga sekarang.  

  • CCSI saat ini memiliki kapasitas produksi sekitar 70.000 km (tujuh puluh ribu kilometer) kabel optik, atau setara dengan 2.500.000 km (satu juta enam ratus ribu kilometer) serat optik per tahun. 

  • CCSI adalah perusahaan pertama yang mampu memproduksi kabel optik bawah laut di Indonesia dan satu-satunya yang memiliki sertifikat Internasional - UQJ Certification. 

  • Produk CCSI memiliki sertifikasi Nasional dan Internasional: 

  • TUV SUD Certification 

  • Sertifikasi Telkom Indonesia  

  • UQJ Consortium Submarine Certification 

  • Setifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri / TKDN (memenuhi syarat untuk diprioritaskan) 

  • Tingginya tingkat kepuasan Pelanggan atas produk CCSI.  

CCSI telah mengekspor kabel laut serat optik untuk Telecom New Zealand, dipasang dan dibentangkan di Cook Strait New Zealand, yang hingga sampai saat ini masih digunakan walaupun usianya sudah lebih dari 15 (lima belas) tahun. CCSI juga menjadi salah satu pemasok kabel laut serat optik, kabel darat dan pipa HDPE untuk Proyek Palapa Ring Timur. 

Tentang Matrix NAP Info

PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) adalah perusahaan telekomunikasi terkemuka yang berbasis di Jakarta, Indonesia dan didirikan pada tahun 2000. Kami mengoperasikan Matrix Cable System (MCS), Matrix Cable Internet eXchange (MCIX), Matrix Data Center, Matrix Cloud dan Matrix Internet. MCS merupakan akses jaringan independen pertama di Indonesia untuk sistem kabel bawah laut yang menghubungkan Jakarta-Singapura sejak tahun 2008. Sementara, MCIX telah menjadi pintu gerbang bagi penyedia jaringan domestik ke International Internet Exchange terkemuka lainnya secara global. Dengan ekosistem terintegrasi sebagai Network & Managed Service Provider, Matrix NAP Info telah berkomitmen untuk memberikan solusi bagi bisnis di masa depan. 

Tentang Mitsui

Mitsui &; Co., Ltd. (8031: JP) adalah perusahaan perdagangan dan investasi global dengan portofolio bisnis beragam yang mencakup sekitar 63 negara di Asia, Eropa, Amerika Utara, Tengah & Selatan, Timur Tengah, Afrika, dan Oseania. 

Mitsui menyebarkan bakat di seluruh dunia untuk mengidentifikasi, membangun, dan mengembangkan bisnis melalui kerja sama dengan jaringan global mitra tepercaya. Mitsui telah membangun portofolio bisnis yang kuat dan beragam yang mencakup industri Sumber Daya Mineral dan Logam, Energi, Mesin dan Infrastruktur, dan industri Kimia. 

Dengan memanfaatkan kekuatan yang ada, Mitsui telah melakukan diversifikasi di luar pilar utama dengan menciptakan nilai beragam di berbagai bidang baru, yang mencakup inovasi dalam Solusi Energi, Kesehatan & Nutrisi dan berfokus secara strategis di pasar Asia yang memiliki pertumbuhan tinggi. Strategi ini bertujuan untuk memperoleh peluang pertumbuhan dengan memanfaatkan beberapa tren besar utama dunia yang mencakup: keberlanjutan, kesehatan & kebugaran, digitalisasi, dan semakin besarnya pertumbuhan konsumen. 

Mitsui memiliki sejarah panjang di Asia, dimana Mitsui telah membentuk portofolio bisnis dan mitra yang beragam dan strategis yang memberikan keunggulan kompetitif yang kuat, memberikan akses luar biasa bagi semua mitra global ke wilayah dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan memperkuat portofolio internasionalnya. 

Indonesia adalah negara yang menjadi salah satu fokus Mitsui di kawasan ini, dimana Mitsui memiliki rekam jejak yang kuat dengan 36 anak perusahaan dan berbagai proyek, termasuk proyek-proyek infrastruktur seperti Pelabuhan Laut, dll. dan bisnis terkait konsumen seperti Makanan dan Ritel dll.  

Agar dapat berkontribusi dalam pengembangan ekonomi digital, industri dan lingkungan sosial, Mitsui juga aktif mengembangkan proyek-proyek infrastruktur digital secara global dan berkomitmen untuk melayani kebutuhan Indonesia.   

Mitsui juga merupakan pemegang saham JVC untuk JUNO Cable System (Chiba-California-Mie / sekitar 10.000 km).

 

Media Inquiry: 

Giovano Matindas Sumakul 

Legal and General Affair CCSI

Email: corsec@ccsi.co.id

 

Corporate & Marketing Communication Matrix NAP Info

Phone : +62 21 3970 1788 

Email : marcomm@napinfo.co.id